Review SketchUp Versi 2020.2

Review SketchUp 2020.2

Saat ini pengguna sketchup semakin hari semakin banyak dan terus bertambah.  Ini karena kemudahan dalam mempelajari sketchup relatif mudah & cepat. Maka para pengembang software sketchup juga terus berusaha memperbaiki & menambah fitur-fitur baru yang tujuannya agar usernya semakin nyaman & setia menggunakan sketchup. Apa saja fitur baru sketchup 2020.2 dirilis pada bulan Agustus ini. ? Yuk simak sedikit review saya setelah mencoba menjalankan versi terbaru ini.

Review SketchUp 2020.2

sumber gambar : https://blog.sketchup.com/article/a-fresh-new-update-for-sketchup-2020

1. Aktif atau Non-Altifkan Inferensi Linear

Seperti yang Anda ketahui, snaping di sketchup disebut dengan istilah Inferensi. Salah satunya adalah inferensi linier yang fungsinya adalah untuk mengunci proses drawing saat drawing kita sejajar dengan sumbu koordinat. Contoh, saat kita menggambar garis di SketchUp, inferensi ini akan muncul sebagai garis merah, hijau, atau biru sesuai dengan sumbunya. Kita juga bisa menguncinya dengan menekan tombol panah atas, bawah, kiri & kanan untuk mengunci sumbu ini. Maka garis warna akan lebih tebal.

Di lansir dari blog.sketchup.com, bahwa tim developer Skechup mendapat banyak masukan, bahwa inferensi ini bisa mengganggu / menghalangi saat kita menggambar/menjiplak sebuah garis. Misalnya, saat kita menyisipkan denah lantai berupa gambar JPG yang akan kita buat ulang di SketchUp, terkadang garis warna inferensi ini bisa mengganggu. Sulit bagi kita untuk menggambar setelah menjiplak karena penunjuk mouse segera “terhisap” saat mendekati sejajar dengan salah satu sumbu sketchup.

Jadi fitur baru di SketchUp 2020.2 ini, kita dapat menekan tombol Alt (Windows OS) / CMD (Mac OS) untuk mengaktifkan / menonaktifkan inferensi linier ini. Sehingga dalam proses tracing / mengikuti alur garis gambar tidak mengganggu & menghalangi.

 
sumber gambar : https://blog.sketchup.com/article/a-fresh-new-update-for-sketchup-2020

2. Weld (Menyambung) Garis/Edge

Ini adalah fitur terbaik yang saya tunggu-tunggu sudah lama. SketchUp mengistilahkan dengan Weld Edges (Penyambungan/pengelasan tepi/garis). Kita dapat menggabungkan edge dan arc menjadi satu polyline tanpa harus memasang ekstensi/plugin. Sebelumnya jika kita ingin menyambung beberapa segemen garis yang terputus, biasanya saya menggambar menimpa dengan garis lagi agar tersambung. Nah.. dengan fitur Weld Edges ini tidak perlu lagi. 
Cara menyambungnya kita tinggal pilih saja segmen arch atau garis yang akan kita gabungkan, lalu klik kanan & pilih Weld Edges. Cukup simple & sederhana.
SketchUp Weld Edges fitur
 
sumber gambar : https://blog.sketchup.com/article/a-fresh-new-update-for-sketchup-2020

3. Kontrol & Atur Tebal,Warna Garis & Pola Bersama Tag di LayOut

Anda pengguna LayOut sketchup juga? Fitur baru di LayOut ini sangat bermanfaat. Kami senang berbagi bahwa kita sekarang dapat mengontrol gaya garis tag SketchUp di LayOut . Sebelum fitur baru ini, menampilkan gambar dengan tebal garis berbeda akan menyembunyikan sekumpulan geometri, membuat tampilan juga jadi berbeda, dan menumpuk area pandang di LayOut. 

Nah.. Sekarang, dengan fitur baru ini, Kita  dapat menyesuaikan lebar tepi, warna, pola garis, dan skala garis dalam satu area tampilan  karena semua itu dapat diatur & di tetapkan pada Tag Style. Dengan demikian tampilan sajian gambar kerja kita akan lebih menarik & infotmatif.

 
sumber gambar : https://blog.sketchup.com/article/a-fresh-new-update-for-sketchup-2020

4. Operasi Yang Smooth Saat Size Dokumen LayOut Semakin Besar

Saat gambar kerja di dokumen layout semakin komplek maka LayOut akan terasa sangat berat, Apalgi terkadang dalam sebuah dokumen layout kita perlu memasukan beberapa viewport tampak, gambar JPG, PNG, Table,dll.   
Untuk membantu mempercepat file yang lebih besar ini, SketchUp membuat perubahan pada cara kerja operasi pemindahan, salin, dan skala. Sekarang, LayOut mempratinjau transformasi ini alih-alih menggambarnya secara real-time saat kira memodifikasi pilihan. Saat kita menyelesaikan operasi pemindahan, salin, atau skala, kemudian LayOut menggambar ulang tindakan Anda. Ini adalah perubahan yang halus, tetapi memberikan nuansa baru dan efisiensi yang sedikit lebih banyak pada LayOut.

 
sumber gambar : https://blog.sketchup.com/article/a-fresh-new-update-for-sketchup-2020
 

5. Citra udara resolusi tinggi dengan penyempurnaan Add Location

ICYMI, dengan bermitra dengan Nearmap, SkethUp kini mampu menampilkan photo udara dengan resolusi tinggi. Dengan demikian Anda yang sering mendisain lansekap dan perencanaan tata kota ini sangat bermanfaatkan sekali dapat menampilkan presesntasi ke klien dengan photo citra yang beresolusi tinggi. Foto udara ini juga selalu update & tidak pernah lebih dari 12 bulan.  
 
 
Demikian review singkat mengenai SketchUp 2020.2. Semoga di versi rilis selanjutnya SketchUp dapat memberikan fitur-fitur baru yang lebih canggih lagi.
 
Sumber Referensi & Illustrasi: 
A(nother) SketchUp 2020 update
Open chat
1
Butuh bantuan? Silahkan chat
Hallo
Bisa kami bantu?